Printer sangat diperlukan oleh beberapa kalangan tertentu, mulai dari pelajar, mahasiswa, dan karyawan perusahaan bidang tertentu. Secara umum, printer hanya digunakan untuk mencetak dokumen. Namun, seiring berkembangnya teknologi, telah hadir berbagai jenis printer yang dilengkapi fitur menarik, seperti scan, copy, hingga pengoperasian melalui sambungan wifi. Tentu saja, Anda harus memiliki jenis printer yang sesuai kebutuhan. Sebab, peningkatan fitur printer disertai dengan biaya produk yang lebih mahal pastinya. Akan tetapi, jika tambahan fitur tidak digunakan, akan sia-sia bukan?

Bicara soal printer, ada beragam seri dan merek yang bisa Anda pilih. Setiap merek menawarkan keunggulan yang berbeda-beda tergantung ingin cari yang seperti apa. Biar lebih gampang, yuk cari tahu bagaimana cara memilih printer yang tepat sesuai kebutuhan Anda!

Pilih Berdasarkan Metode Pencetakannya

Tidak hanya printer Canon murah, merek HP, Epson, hingga Brother menawarkan produk printer dengan metode pencetakan yang berbeda, diantaranya inkjet dan laser. Berikut penjelasannya.

Printer Inkjet

Fokus utama jika Anda memilih printer inkjet, baik dari merek printer Canon murah atau bukan, berarti Anda menginginkan kualitas cetakan gambar yang halus dan tajam. Harga unit printer ini pun terbilang murah dan mudah didapatkan. Meski demikian, tinta printer akan lebih cepat habis jika digunakan terlalu sering. Jadi, pertimbangkan biaya tinta jika Anda membutuhkan printer untuk cetakan dalam jumlah banyak.

Printer Laser

Inilah pilihan printer yang tepat untuk keperluan cetak dokumen dalam jumlah banyak, printer laser. Berbeda dari printer Canon murah dan merek lainnya tipe inkjet, harga unit printer laser lebih mahal. Akan tetapi, Anda akan menikmati keunggulan produknya berupa biaya operasional yang murah dengan kualitas cetakan yang tahan air. Jika untuk keperluan jangka panjang, bahkan bisnis, printer laser sangat cocok. Ada dua jenis printer laser, yaitu monokrom dan warna. Namun, soal kualitas laser warna akan lebih bagus gunakan printer inkjet.

Pilih Berdasarkan Fungsi Utamanya

Sudah tahu bukan, jika printer saat ini tidak hanya digunakan untuk print, namun juga fungsi lainnya? Yuk cari tahu jenis printer berdasarkan fungsi utamanya berikut.

Printer dengan Fungsi Tunggal

Inilah jenis printer fungsi tunggal yang digunakan untuk mencetak saja. Dibandingkan dengan jenis printer lain yang multifungsi, pastinya harga printer ini lebih murah. Selain ukurannya yang kecil, desainnya simpel sehingga bisa diletakkan dimana saja. Walaupun hanya untuk mencetak, namun printer ini bisa mencetak beragam dokumen, foto, kartu ucapan, dan lainnya.

Printer Foto Langsung dari Smartphone atau Kamera

Ada lagi nih jenis printer foto yang memang dikhususkan untuk mencetak foto langsung dari smartpone dan kamera, tanpa perantara komputer. Bahkan, sudah ada produsen yang menawarkan produk mobile printer untuk smartphone tertentu. Namun, kemampuannya sebatas mencetak dokumen ukuran A4 dan B5.

Printer Multifungsi

Sesuai namanya, printer multifungsi ini bisa digunakan untuk print sekaligus copy, scan, dan fax. Sebagian besar orang memilih tipe ini karena sudah satu paket bisa untuk beragam fungsi. Ukurannya sudah pasti lebih besar, namun lebih canggih.

Pilih Berdasarkan Jenis Cartridge

Harga printer saat ini, seperti printer Canon PIXMA sudah lebih murah daripada dulu. Akan tetapi, jangan lupa perhitungkan biaya penggunaan printer kedepannya, terutama pembelian cartridge.

Integrated Inkjet

Tipe cartridge ini memiliki gabungan 5-6 warna dan cartridge warna hitam. Meskipun mudah diganti dan diatur, namun ketika salah satu warna habis, tinta lainnya tidak bisa digunakan. Jadi, Anda harus mengganti semua warna dan mencobanya hingga warna yang dihasilkan normal kembali. Apalagi untuk mencetak dalam jumlah banyak akan membutuhkan biaya lebih mahal untuk tinta dan cartridge. Jadi, tidak disarankan untuk penggunaan jumlah banyak.

Split Inkjet

Tinta ini memiliki wadah yang terpisah, sehingga lebih mudah diganti saat salah satu warnanya habis. Untuk keperluan cetak gambar dalam jumlah banyak, maka printer dengan split inkjet pilihannya. Diantaranya merek lainnya, printer Canon terbaik dari segi kualitas gambar yang detail.

Toner

Toner adalah cartridge khusus untuk printer laser. Meskipun harganya lebih mahal, namun bisa digunakan untuk mencetak dalam jumlah besar. Jadi, bisa dikalkulasikan harganya lebih terjangkau.

Perhatikan pula jenis tinta yang digunakan, koneksi jaringan yang lebih mudah, dan fitur-fitur tambahannya. Dapatkan printer Canon favorit anda dengan harga murah terjangkau hanya di Printer Canon Bhinneka.com.

Bagi Anda yang ingin membuka toko komputer, tepat menjadikan Bhinneka.com sebagai supplier untuk barang-barang Anda. Segala jenis printer tersedia dengan harga terbaik. Ayo hubungi sekarang CS Bhinneka!

By admin