Bor merupakan salah satu perkakas tukang yang sangat penting. Seiring berjalannya waktu, manfaat bor tidak hanya dibutuhkan oleh tukang, namun orang-orang yang hobi berkreasi mengerjakan kerajinan tangan ataupun proyek Do It Yourself (DIY). Ada berbagai merek bor yang kini tersedia dipasaran, mulai dari Bosch, Makita, Black & Decker, dan masih banyak lagi.

Ada pun bor listrik saat ini tersedia bagi profeisonal dan pemula. Jadi, tak perlu bingung ketika mau memulai mendekor rumah dengan bor listrik, karena Anda bisa sekaligus belajar menggunakannya. Maraknya produk bor listrik modern saat ini, tak jarang membuat banyak orang kebingungan memilih yang mana. Nah, biar tidak salah pilih, berikut ini kami sampaikan cara memilih produk jual bor listrik yang tepat sesuai kebutuhan.

Cermati Kekuatan Bor-nya

Terkadang, sebagian orang membutuhkan bor tidak melulu untuk kebutuhan tukang yang heavy. Ada juga orang-orang yang membutuhkan bor listrik untuk pemakaian rumah tangga, kerajinan tangan, hingga proyek DIY. Lalu, bor listrik seperti apakah yang tepat sesuai kebutuhan Anda?

Berat atau tidaknya kegunaan bor listrik untuk kebutuhan Anda, pastikan untuk mencermati kekuatan bornya. Ya, bor listrik yang bagus adalah bor yang memiliki kekuatan stabil saat digunakan, dari awal hingga akhir pekerjaan. Ada dua jenis bor berdasarkan sumber dayanya yaitu bor listrik dengan kabel dan nirkabel. Kedua jenis bor ini dapat digunakan untuk berbagai media.

Tentu saja, tiap media yang akan dibor membutuhkan kekuatan bor yang berbeda untuk menembusnya. Begitupula dengan kekuatannya yang ditunjukkan dengan satuan berbeda. Pada bor listrik kabel, kekuatannya ditunjukkan dengan satuan watt. Sementara, bor listrik nirkabel ditunjukkan dengan satuan volt. Semakin besar ukuran volt dan watt kedua jenis bor tersebut, maka semakin kuat pula tenaga yang dikeluarkan.

Umur Baterai

Pada bor listrik nirkabel, pengoperasiannya membutuhkan baterai sebagai sumber dayanya. Untuk menunjukkan kekuatan baterainya, ditunjukkan dengan miliampere hour (mAh) yang tertera. Yang jelas, semakin besar mAh, maka semakin lama baterai tersebut dapat dioperasikan. Berbeda dengan bor listrik kabel yang menggunakan energi listrik rumahan, dimana tidak dibatasi oleh baterai saat dioperasikan.

Lama Pengisian Ulang Baterai

Nah, jika Anda memilih bor listrik nirkabel, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Setelah umur baterai, perhatikan pula seberapa lama waktu pengisian ulang baterainya. Ya, apabila pengisian ulang baterai memakan waktu hanya beberapa menit hingga satu jam saja, maka umur baterai biasanya tidak akan lama. Sebab, umumnya baterai yang berumur panjang akan memerlukan waktu pengisian ulang yang relatif lama.

Paling tidak, pilihlah bor nirkabel yang membutuhkan waktu pengisian ulang sekitar 3 sampai 4 jam. Faktor lain yang memengaruhi pengisian ulang baterai adalah kualitasnya, misalnya baterai lithium ion yang lebih baik daripada nickel-cadmium.

Penggunaannya yang Nyaman dan Mudah

Apa gunanya memilih produk jual bor listrik yang mahal, namun tidak nyaman digunakan. Ya, bor listrik yang bagus, seharusnya mudah digunakan dan memiliki bentuk yang ergonomis. Dilihat dari bentuk bor listrik yang tersedia, sebenarnya tidak terlalu banyak ragamnya. Hanya saja, ada perbedaan pada penggunaan tombol on/off pada setiap mereknya. Namun, akan lebih baik jika mencari produk jual bor listrik yang nyaman digenggam dan memiliki tombol on/off yang mudah dioperasikan.

Fitur tambahan pada bor listrik yang baik adalah ada tidaknya lampu. Sebab, tidak semua bor listrik dilengkapi dengan lampu. Jika Anda memilih bor listrik yang disertai lampu, setidaknya saat bekerja ditempat yang gelap atau malam hari, tidak akan terhambat karena diterangi oleh lampu bor.

Nah, setelah mengetahui beberapa cara memilih produk jual bor listrik yang baik, kini coba cek harga bor listrik modern yang terbaru. Jangan asal pilih harga bor listrik paling murah, karena harga pasti sesuai dengan kualitas. Sebagai referensi, boleh pilih Maktec MT 817 yang dijual seharga Rp680.000 atau Bosch GSB 550 yang dibanderol Rp585.000. Pilihan selengkapnya dan harga terupdate, sila kunjungi situs Bor Listrik Bhinneka. Ada harga khusus bagi Anda yang beli bor listrik dalam jumlah banyak. Bhinneka, tempat belanja bisnis jadi praktis. Yuk coba sekarang!

By admin