Langkah Benar Dalam Merawat Luka Pada Kondisi Diabetes

Sebelum membahas mengenai penyembuhan luka pada orang yang menderita diabetes, ada banyak jenis penyakit saat ini. Kondisi kesehatan yang. Menurun bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu jenis penyakit yang seringkali muncul adalah sembelit. Hal ini mungkin dikarenakan pola makan dan minum yang tidak teratur. Adapun saat anda mengalami sembelit maka anda bisa mengobatinya dengan konsumsi obat khusus sembelit.

Anda juga bisa mendapatkannya secara online di https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar. Namun sembelit ternyata masih tergolong sebagai jenis penyakit yang ringan dibandingkan diabetes. Pasalnya orang yang mengalami diabetes akan sensitif terhadap yang namanya luka.

Tips Perawatan Luka Pada Penderita Diabetes

Banyak penderita yang sangat riskan atau takut jika amputasi menjadi suatu keadaan sulit yang harus dipilihnya suatu hari kelak. Mengapa demikian? Pada penderita diabetes, tubuhnya akan kehilangan banyak daya tahan. Sehingga akan mudah sakit dan mudah terkena luka. Dan saat sudah terkena luka, penyembuhannya akan lebih sulit dibandingkan dengan luka orang biasa.

Saat ada luka maka sebaiknya segera dirawat dengan baik. Hal ini akan mengurangi kemungkinan proses amputasi. Berikut di bawah ini bisa anda simak ada beberapa langkah mudah dalam mempercepat penyembuhan luka diabetes. Sehingga penderita bisa  terhindar dari jalan amputasi :

  1. Saat anda tau ada luka, maka segeralah melakukan tindakan pembersihan terhadap luka yang ada. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kuman yang menempel saat luka tersebut terbentuk. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan air mengalir dan mengusapnya dengan kain atau tisu bersih.
  2. Setelah membersihkan luka, jangan lupa oleskan antibiotik yang anda dapatkan dari dokter anda. Hal ini penting untuk dilakukan agar luka bisa cepat kering.
  3. Jangan pernah melakukan tekanan atau meletakkan beban pada luka. Reasksi tekanan pada luka orang biasa mungkin tidak akan memberikan pengaruh terlalu buruk. Namun bagi luka orang yang diabetes akan memperparah luka tersebut.
  4. Perhatikan asupan konsumsi anda setiap harinya. Hal ini juga penting sekali untuk anda perhatikan. Jangan sampai anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang membuat kadar gula anda naik. Hal tersebut bisa memicu parahnya luka anda. Sehingga luka tidak bisa sembuh dengan cepat.
  5. Berkonsultasi dengan dokter. Jalan terakhir jika luka anda tidak kunjung kering dan sembuh adalah melakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan anda. Dokter akan memeriksa luka anda dan kemudian memberikan obat yang mungkin bisa membantu luka anda agar cepat kering.

Luka pada penderita diabetes bisa menjadi pemicu parahnya penyakit diabetes. Bahkan bisa sampai merenggut nyawa. Maka luka tersebut tidak bisa diabaikan sama sekali.