Tanda Si Kecil Alergi Susu Sapi yang Harus Moms Tahu

Karena alasan tertentu, mau tidak mau Anda harus memberikan si kecil susu formula yang berasal dari susu sapi. Tapi tahu nggak sih bahwa tidak semua bayi bisa diberikan susu formula lho, moms. Apabila si kecil alami yang namanya alergi, reaksi ringan hingga parah tentu saja bisa muncul setelah beberapa menit atau jam si kecil mengkonsumsi susu sapi tersebut, tak terkecuali ASI (Air Susu Ibu) dari moms yang mengkonsumsi susu sapi. Kondisi yang seperti ini disebut dengan alergi susu sapi.

Menjadi salah satu jenis alergi makanan yang paling banyak menimpa bayi dan anak – anak, alergi susu sapi ini bahkan sering sekali disamakan dengan intoleransi laktosa. Padahal antara alergi susu sapi dengan intoleransi laktosa adalah hal yang sangat berbeda sekali. Seperti yang kita tahu bersama bahwa alergi susu sapi ini biasanya terjadi pada saat sistem imunitas tubuh si kecil bereaksi terhadap protein yang ada di dalam kandungan susu sapi. Sementara itu untuk intoleransi laktosa sendiri terjadi ketika si kecil sulit mencerna laktosa, atau gula alami pada susu.

Tanda Si Kecil Alergi Susu Sapi yang Harus Moms Tahu

Beberapa tanda yang mengindikasikan si kecil alami alergi susu sapi seperti bersin, muntah, diare yang biasanya juga disertai dengan keluarnya darah, hidung berair, mata berair, wajah bengkak, kulit di sekitar mulut muncul ruam merah, berat badan sulit naik, sering menangis, susah makan, eksim, dan konstipasi. Tanda tersebut biasanya akan muncul pada saat si kecil selesai mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan susu sapi. Namun demikian ada pula yang butuh waktu lebih lama untuk deteksi adanya alergi tersebut.

Meskipun jarang sekali terjadi, si kecil dengan alergi susu sapi mungkin bisa alami syok anafilaksis. Ini merupakan sebuah reaksi yang bisa dibilang cukup serius sekali dan bahkan bisa mengancam jiwanya. Tanda dan gejala alergi susu sapi yang muncul dengan kondisi parah tersebut disertai dengan kulit memerah, ia juga terlihat sesak nafas, atau seringnya menggaruk – garuk tubuh karena gatal. Apabila si kecil alami anafilaksis, maka moms harus segera membawa si kecil ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan yang lebih lanjut lagi sebelum akhirnya menjadi semakin parah.

Namun demikian, sebenarnya ada cara untuk mengatasi masalah alergi susu sapi pada si kecil. Misalnya saja apabila Anda menyusui, maka Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi asupan yang asalnya dari susu sapi. Karena memang pada dasarnya apapun yang Anda konsumsi pasti akan mempengaruhi kandungan dari ASI-mu.

Tapi jika Anda ingin memberikan susu formula, maka Anda disarankan untuk memilih susu formula yang bertuliskan hypoallergenic. Ini merupakan sejenis susu formula yang bisa memecah protein pada susu. Atau untuk lebih mudahnya lagi Anda bisa menggunakan susu formula yang berbasis kedelai. Salah satu yang paling kami rekomendasikan susu formula dengan basis kedelai yang baik untuk bayi adalah susu Soya.

Selain itu juga penting sekali untuk Anda tahu bahwa biasanya si kecil yang alami alergi terhadap susu sapi biasanya ia juga jadi lebih mungkin untuk alami alergi pada makanan tertentu yang lain, seperti telur, daging sapi, kedelai, kacang, dan susu yang asalnya dari hewan lainnya. Atau mungkin juga alergi pada bulu binatang peliharaan, serbuk sari, tungau, dan zat yang lain.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tanda si kecil alergi susu sapi yang harus moms tahu. Semoga bermanfaat.