Hamil Luar Kandungan Bisa Menimpa Siapa Saja

Image result for Hamil Ektopik? Ini Faktor Penyebabnya

Siapapun tentu tak ingin mengalami kehamilan di luar kandungan. Istilah medisnya disebut sebagai kehamilan ektopik. Penyebab hamil di luar kandungan bisa karena peradangan yang membuat tuba falopi menjadi rusak. Sehingga kemudian sel telur yang sudah dibuahi tak bisa masuk ke rahim. Justru sel telur itu terjadi di tuba falopi dan terjadilah kehamilan di luar kandungan itu.

Cara menangani hamil diluar kandungan adalah dengan melakukan pemeriksaan medis. Biasanya dokter akan melankukan pemeriksaan fisik. Beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan dokter meilputi mengecek rongga panggul, melakukan tes darah maupun melakukan USG.

Penyebab hamil di luar kandungan bisa juga karena penggunaan obat kesuburan. Hal itu justru dapat memicu terjadinya hamil di luar kandungan. Oleh karena itu, Anda perlu waspadai saat mengunakan obat-obatan untuk memicu kesuburan. Pastikan obat tersebut aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Selain itu yang juga terpenting sebagai cara menangani hamil diluar kandungan adalah dengan selalu menjaga kondisi fisik dan mental. Dengan mengonsumsi makanan sehat serta hindari stress. Dengan begitu, diharapkan hal ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kesuburan secara alami.

Lalu bisa juga yang menjadi penyebab hamil di luar kandungan adalah riwayat tindakan medis sebelumnya. Jika sebelumnya pernah melakukan operasi tuba falopi atau operasi usus buntu yang membuat tuba falopi menyempit, maka itu berpotensi menjadi sebab terjadinya hamil luar kandungan.

Oleh karena itu pastikan kalau Anda misalnya hendak melakukan operasi tersebut, pilih dokter yang bagus. Sehingga hasilnya pun bisa baik dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Lalu yang juga bisa menjadi penyebab hamil luar kandungan adalah penggunaan KB spiral atau IUD (intra Utery device). Memang peluang terjadinya kehamilan tersebut sangat rendah, akan tetapi ini bisa menjadi faktor penyebabnya. Ketika misalnya tetap kebobolan meski sudah menggunakan IUD, maka besar kemungkinan yang terjadi adalah hamil di luar kandungan.

Untuk itu, pastikan sebelum memakai IUD, pilih dokter atau bidan yang profesional. Sehingga pemasangan IUD tepat dan tidak berpotensi menimbulkan masalah tersebut.

Ya, bagaimanapun kalau sudah terlanjut terjadi kehamilan di luar kandungan, mau tidak mau harus diatasi. Sebab ini bisa berbahaya bagi nyawa ibu. Cara menangani hamil diluar kandungan yang paling tepat adalah secara medis menggunakan aplikasi kehamilan rumah sakit. Anda bisa datang ke dokter langganan Anda untuk melakukan pemeriksaaan. Jika dokter itu misalnya kurang mampu, nantinya pasti akan merekomendasikan dokter lainnya sebagai tempat untuk melakukan pemeriksaan hamil di luar kandungan.