Cara Merawat Bayi Baru Lahir dengan Benar

cara merawat bayi baru lahir

Memiliki bayi tentu menjadi saat – saat yang menyenangkan bagi setiap ibu. Namun biasanya pada ibu – ibu yang baru pertama kali memiliki bayi justru akan merasa bingung untuk merawatnya. Hal ini wajar saja, karena memang ibu yang pertama kali memiliki anak belum memiliki pengalaman yang cukup untuk merawat seorang bayi. Maka dari itu, Anda harus membacara beragam informasi mengenai cara merawat bayi baru lahir yang akan dijelaskan pada artikel ini. Anda haruslah benar – benar mengerti mengenai cara merawat bayi Anda dengan benar. Hal ini bertujuan agar bayi Anda bisa tumbuh dengan sehat serta optimal.

Berikut adalah cara merawat bayi baru lahir yang harus Anda perhatikan. Cara pertama adalah Anda harus memperhatikan tali pusat bayi yang masih menempel pada bayi. Hal ini dikarenakan bagian ini menjadi bagian yang sensitif dan rentan terkena infeksi apabila tidak dirawat dengan baik. Jagalah agar bagian tersebut tetep bersih dan tidak lembab. Cara kedua adalah dengan berhati – hati pada bagian mata bayi. Dikarenakan seorang bayi baru lahir belum bisa mengeluarkan air mata sehingga belum bisa melindungi mata dari kuman dengan optimal. Maka dari itu Anda haruslah selalu memastikan tangan Anda dalam keadaan yang bersih saat akan menyentuh mata bayi Anda. Selain itu apabila akan membersihkan kotoran mata yang menempel di mata bayi, aka gunakanlah kapas yang steril yang sudah dibasahi menggunakan air matang. Harus Anda ingat bahwa satu buah kapas hanya boleh digunakan untuk satu mata. Cara ketiga adalah dengan merawat kulit bayi Anda dengan tepat. Perlu Anda ingat bahwa kulit nayi 3 kali lebih tipis dari kulit orang dewasa. Maka dari itu Anda perlu untuk menjaganya agar tidak iritasi atau pun kering. Anda harus memandikan bayi Anda minimal 1 kali sehari agar kulit tubuhnya senantiasa dalam kondisi yang bersih. Anda harus menggunakan sabun bayi yang diformulasikan khusus untuk bayi, Anda juga perlu menggunakan baby oil untuk melembabkan kulit bayi Andal, sementara penggunaan bedak bayi ini berguna untuk mengatasi permasalahan pada biang keringat. Cara keempat adalah dengan selalu merawat kuku bayi Anda. Pada umumnya kuku pada bayi masih tipis sehingga terasa tajam. Maka dari itu Anda harus rajin dan mengikir kuku bayi Anda. Hal ini bertujuan agar kuku panjang yang dimiliki bayi Anda tidak sampai melukai dirinya sendiri atau pun orang lain.

Setelah Anda mendapatkan berbagai penjelasan mengenai cara merawat bayi baru lahir maka semoga kini Anda tidak perlu merasa bingung lagi untuk merawat bayi kesayangan Anda tersebut. semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda dalam hal merawat bayi yang baru lahir.