Yuk Ketahui Tahapan Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu

perkembangan janin dari minggu ke mi

Tahukan anda bahwa perkembangan janin dari minggu ke minggu sungguh sangat cepat. Bahkan bayi belajar untuk tertawa, menangis dan berbagai hal lainya didalam kandungan. Hal seperti inipun menjadi salah satu tanda tumbuh kembang bayi. Sejak minggu pertama kandungan, calon bayi atau embrio telah menempel pad adinding rahim dan telah tumbuh. Perkembangan ini akan dilanjutkan hingga minggu kedua minggu ke tiga dan seterusnya. Tepatnya saat minggu ketigalah embrio janin tersebut menempel sempurna pada rahim. Pada tahapan inilah berbagai organ tubuh bayi mulai terbentuk.

Perkembangan janin dari minggu ke minggu memulai titik berangkat saat minggu ke empat. Pada minggu ini jantung telah terbentuk dan berfungsi. Pembuluh darah bahkan sudah memiliki aliran. Hal ini kemudian mulai tumbuh bentuk tangan dan akki. Saat minggu ke lima, tangan terbentuk, kemudian struktur dasar otak dan saraf juga terbentuk. Saat minggu ke enam kemudian akan tumbuh kaki. Saat ini sistem pencernaan juga mulai tumbuh. Kepala embrio juga sudah terlihat. Memasuki minggu ke tujuh, paru paru terbentuk, jari terlihat dan saraf serta otot juga telah berkembang. Nah saat minggu ke 8 inilah terbentuk wujug wajah manusia. Mata hidung juga telah terbentuk. Pada minggu ini plasenta telah dikelilingi ketuban. Nah saat minggu ke 9 kemudian akan terbentuk kepala, air liur sudah terbentuk hingga minggu ke 10 janin sudah memiliki jantung smepurna, dan tulang belakang mulai terbentuk. Pertumbuhan ini akan terus berlanjut hingga minggu ke 18. Pada minggu ke 18 ini tulang rawan sudah mulai tergantikan oleh tulang keras sedangkan kelenjar minyak pada tubuh juga mulai aktif di produksi. Ibu juga sudah bisa merasakan gerakan.

Perkembangan janin dari minggu ke minggu selanjutnya setalah minggu ke 19 hingga 22, ibu akna merasakan gerakan pada perutnya. Selanjautnya pada tahapan minggu ke 23 hingga minggu ke 26 apu apru akan katif dan matang. Bayi bisa lahir pada minggu ke 26 dan mmeiliki peluang bertahan hidup dibandingkan dengan sebelum minggu ke 26. Saat minggu ke 27 hingga 31 peluang bayi lahir sudah ada. Namun kemungkinan akan mengalami berbagai komplikasi dan berat badan yang rendah. Namun pada dasarnya sistem organ dan tubuh telah matang pada usia ini. Menginjak usia minggu ke 32 hingga 36 bayi sudah bergerak dengan kuat. Bahkan menendang dan bergerak. Bahkan pada usia ini bayi sudah memiliki berat kurang lebih 1,8 hingga 2,3 kg. Minggu ke 37 hingga 40 merupakan minggu terahir kehamilan. Saat itu berat bayi sudah mulai antara 2,7 hingga 3,6 kg. Untuk bayi laki laki testikel sempurna dan dilapisi skortum. Saat minggu ke 40 bayi sudah siap dilahirkan dan semua organ berfungsi dengan baik.