Memilih Tempat Cuci Piring yang Benar

tempat cuci piring

Kitchen sink atau kita biasa menyebutnya dengan tempat cuci piring ini, adalah salah satu komponen yang wajib ada di dapur. Tempat cuci piring pastinya digunakan sebagai tempat mencuci gelas, piring maupun peralatan memasak dan makan lainnya. Tak hanya berfungsi sebagai itu saja, tpi tempat cuci piring ini pun juga digunakan untuk mencuci bahan makanan seperti sayuran sebelum dimasak. Maka dari itu, keberadaan tempat cuci piring ini sangat penting di dapur. Untuk itu, penting pula bagi Anda harus bisa menentukan tempat cuci piring yang pas dan cocok berada di dapur Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk memilih tempat cuci piring di dapur Anda:

  1. Pilih Ukuran yang Sesuai dengan Dapur
    Sesuaikan tempat cuci piring Anda dengan besarnya dapur Anda, jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil. Hal ini berguna agar dapur terlihat proposional dan nyaman digunakan. Jangan sampai dapur terlihat penuh sesak atau terlihat hampa.
  2. Perhatikan Ketebalah Bak Tempat Cuci Piring
    Semakin tebal ketebalan bak tempat cuci piring, akan semakin kuat menahan beban peralatan dapur yang lumayan berat pula. Namun memangg hargnya lebih mahal daripada bak tempat cuci piring yang tipis. Jadi memang ungkapan harga itu sebanding dengan kualitas itu benar. Hal itu karena semakin tebal bak tempat cuci piring akan semakin awet pula.
  3. Lihat Bahan atau Material Pembuatan
    Biasanya tempat cuci piring terbuat dari stainless steel, kramik dan lapisan lainnya. Setiap bahan pembuat tempat cuci piring ini pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi tergantung pemilihan Anda yang menurut Anda pantas di pasang di dapur Anda sendiri.
  4. Jumlah Bak serta Kedalaman Bak yang diinginkan
    Dalam sebuah set kitchen sink biasanya terdapat satu sampai tiga bak tempat cuci piring. Namun yang perlu diingat bahwa semakin banyak bak yang dipunyai maka akan membutuhkan ruangan yang lebih besar pula. Maka dari itu, bila ukuran dapur Anda tidak terlalu besar, gunakan saja singgle alias satu bak tempat cuci piring. Selain jumlah bak, hal lain yang perlu diperhatiakn dalam memilih tempat cuci piring yang tepat adalah kedalaman dari bak tersebut. Semakin dalam kedalaman bak tempat cuci piring akan mampu menampung banyak peralatan dapur, tapi sekali lagi haruslah disesuaikan dengan dapur Anda sendiri.

Semoga dengan Anda melakukan tips – tips memilih tempat cuci piring ini, Anda dapat menemukan dan menentukan tempat cuci piring yang tepat bagi dapur Anda. Pastikan pula setelah mendapatkan tempat cuci piring yang pas, Anda harus selalu untuk menjaga kerapihan dan kebersihannya. Selamat memilih tempat cuci piring untuk dapur Anda!