Kompor Listrik untuk Memasak Lebih Menyenangkan

kompor listrik

Saat ini kemajuan teknologi sudah sangat berkembang pesat. Tidak terlewatkan dalam hal kebutuhan rumah tangga seperti adanya kompor listrik. Banyak yang mengatakan bahwa eksperimen dengan bahan masakan akan lebih menyenangkan jika menggunakan kompor listrik. Tentu saja ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Saat ini sudah banyak brand kompor seperti ini baik local maupun import yang sudah bisa Anda dapatkan. Berbagai brand memiliki banyak variasi harga dan juga model. Biasanya mereka berlomba memberikan promo menarik agar konsumen tertarik untuk belanja.

Kompor Listrik & Kelebihannya

Memasak dengan menggunakan kompor listrik akan menjadi lebih menyenangkan. Anda juga bisa mendapatkan banyak kelebihan dengan menggunakan kompor seperti ini jika dibandingkan menggunakan LPG atau kompor minyak tanah. Kelebihan itu antara lain adalah lebih mudah dan praktis untuk dibawa kemana saja. Saat ini ada type kompor listrik single ataupun lebih. Jika Anda yang suka traveling bisa membawa yang single sehingga bisa memasak dimana saja dengan mudah. Selain itu kompor listrik ini juga ramah akan lingkungan karena tidak menimbulkan asap atau pembuangan lainnya. Bagian atas kompor juga sudah banyak yang tidak akan menimbulkan rasa panas sehingga relative aman jika tersentuh oleh anak-anak. Harganya memang cukup mahal namun jika dihitung dengan pengeluaran LPG setiap bulannya jatuhnya justru lebih hemat. Listrik yang digunakan juga tidak banyak.

Kekurangan Kompor Listrik

Selain memiliki banyak kelebihan, kompor listrik juga memiliki beberapa kekurangan. Permukaan kompor biasanya dibuat mendatar sehingga memasak dengan wajan atau panci yang melengkung mungkin sedikit sulit. Jika Anda terburu-buru memasak maka bisa menyetel besaran watt listrik namun tentu saja membuat listrik menjadi boros. Jika menggunakan daya yang ada mungkin proses memasak akan memakan waktu yang sedikit lama. Rata-rata kompor seperti ini tidak menggunakan panel putar atau tombol melainkan layar sentuh sehingga Anda harus belajar lebih dalam untuk bisa menggunakannya. Tersedia berbagai ukuran sehingga lebih sering membuat konsumen bingung karena variasinya. Saat listrik mati otomatis kompor ini tidak bisa digunakan kecuali dengan bantuan genset.

Desain yang modern dan cantik membuat hampir semua ibu rumah tangga pasti tergiur untuk menggunakan kompor tanpa tungku ini. Terlihat mewah dan elegant serta memiliki banyak space memasak maka Anda bisa mengolah berbagai makanan dalam satu waktu secara bersamaan. Kecanggihan dan system keamanan terkadang membuat harga kompor listrik menjadi sangat mahal. Apalagi jika dibuat dengan material tertentu yang tahan panas dan tahan api. Namun secara fungsional, kompor ini sangat mendukung untuk berbagai kegiatan dapur Anda dan juga akan membuat Anda hemat waktu untuk membersihkan karena hanya tinggal melap permukaannya saja.