Cara Aman Menurunkan Gejala Hipertensi

menurunkan-gejala-hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan keadaan dimana seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi di atas batas normal. Tekanan darah yang tinggi dapat timbul tanpa adanya gejala. Namun, ada gejala yang sering timbul saat keadaan tekanan darah sedang tinggi seperti sakit kepala yang berlebih, sering lelah dan sakit pada bagian dada. Tekanan darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan penderita terkena stroke dan penyakit jantung. Kondisi inilah yang mengharuskan penderita mengetahui tekanan darah tinggi sedini mungkin agar dapat dicegah. Hipertensi atau darah tinggi sendiri terbagi menjadi dua jenis, hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer dapat terjadi akibat factor keturunan yang akan terjadi secara bertahap sedangkan hipertensi sekunder merupakan hipertensi yang terjadi akibat kondisi kesehatan yang terganggu. Gejala hipertensi sekunder dapat timbul akibat pola hidup yang tidak baik.

Tidak semua penderita hipertensi merasakan gejala penyakit yang menyerang diri mereka. Sebagian orang bahkan tidak merasakan gejalanya sama sekali dan terlihat berada dalam kondisi yang sehat. Mereka yang merasakan tanda-tanda terserang penyakit darah tinggi biasanya menerapkan gaya hidup yang tidak baik. Seperti kebiasaan makan dalam jumlah banyak sehingga timbul obesitas, kurangnya berolahraga, mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol dan sering merokok. Hipertensi juga dapat timbul akibat factor keturunan dan pernah melahirkan bayi kembar. Penyebab hipertensi akibat factor keturunan tidak dapat dicegah namun dapat diantisipasi kondisinya dengan selalu menerapkan gaya hidup yang sehat. Untuk gejala hipertensi yang umum dirasakan oleh penderita hipertensi meliputi:

  • Penderita akan merasakan sakit kepada yang ringan. Sakit kepala juga dapat terasa lebih berat jika pasien berada dalam kondisi yang tidak baik.
  • Terjadinya mimisan secara terus-menerus.
  • Sesak napas.
  • Sering merasa cemas.

Gejala hipertensi yang dirasakan oleh penderita diabetes tentunya tidak dirasakan oleh semua penderit diabetes. Hanya beberapa beberapa panderita yang akan merasakan beberapa gejala tersebut. Untuk mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi dapat dilakukan dengan mengurangi asupan garam. Garam yang mengandung sodium dan klorida dapat meningkatkan jumlah darah yang bertambah dan mengakibatkan tekanan pada darah meningkat. Mengurangi garam merupakan cara paling efektif dalam mengurangi tekanan pada darah. Selain mengurangi asupan garam, penderita dapat melakukan program diet dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi obat penurun tekanan darah yang diberikan oleh dokter.

Leave a Reply