Cara Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan yang Dapat Dilakukan dengan Mudah

cara-menjaga-kebersihan-diri-dan-lingkungan

Kebersihan merupakan bagian dari iman. Pernahkan Anda mendengar kata-kata mutiara tersebut? Kebersihan harus dilakukan mulai dari diri sendiri dan dilakukan dengan rutin. Untuk menjaga kebersihan diri tidak hanya dapat dilakukan dengan mandi secara teratur, sering mencuci tangan, menggosok gigi minimal dua kali sehari dan mencuci rambut dengan rutin. Anda dapat menciptakan kebersihan lingkungan dengan membiasakan hidup sehat. Kebiasaan menjaga kebersihan baju dan rumah dapat menjadi salah satu contoh untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dengan menciptakan kebersihan lingkungan dan diri sendiri, Anda akan dijauhi oleh sumber penyakit yang mampu menimbulkan penyakit menular dan berbahaya. Cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan harus dilakukan setiap hari dan dijadikan sebagai kebiasaan.

Cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Mandi dua kali sehari dapat menghindari tubuh dari kuman dan bakteri. Aktifitas yang dilakukan selama satu hari memudahkan bakteri untuk berkembang biak di dalam tubuh. Untuk menghindari perkembangan bakteri dan kuman, mandi dengan sabun kesehatan lebih dianjurkan agar kuman dan bakteri mati seketika. Untuk menghilangkan bau pada ketiak, Anda dapat menggunakan deodorant. Deodorant sangat efektif menghambat perkembangan bakteri pada ketiak yang menimbulkan bau. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan diri adalah dengan rajin menggosok gigi. Mulut merupakan bagian tubuh yang kaya akan bakteri dan kuman. Untuk menghindari mulut bau dan terserang dari jamur, menggosok gigi merupakan cara yang aman. Apalagi jika disertai dengan penggunaan obat kumur. Mulut akan terhindar dari baud an gigi bebas dari lubang. Anda juga dapat menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan. Dengan menggunakan sabun antiseptic, kuman mati dan tidak dapat berkembang. Mencuci tangan setelah dari toilet dan sehabis makan harus dilakukan dengan benar agar tidak ada kuman yang bersarang di tangan.

Cara menjaga kebersihan lingkungan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencuci baju dan seprei. Seprei perlu dicuci dengan berkala agar selalu bersih. Baju yang dicuci tidak hanya dapat menghilangkan noda dan bau pada baju saja. Kuman yang berada pada sela kain dapat hilang dengan proses pencucian. Untuk pakaian sendiri, Anda harus menggantinya setiap hari sedangkan untuk seprei, Anda hanya perlu menggantinya satu kali dalam seminggu. Cara ini sangat efektif dalam menjaga kebersihan lingkungan Anda. Mudah bukan melakukan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Leave a Reply