Peluang Usaha Pertanian Lahan Sempit

peluang-usaha-pertanian

Agribisnis merupakan satu-satunya sektor penyelamat pada kala itu disaat krisis ekonomi sedang melanda negeri Indonesia. Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat berperan penting dalam pembanguna perekonomian bangsa. Namun sektor pertanian ini masih sangat kurang mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah didalam pembangunan bangsa. Padahal dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk harus ada keseimbangan dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Untuk memenuhi kebutuhan pangan yang sangat banyak maka seharusnya pemerintah lebih memikirkan bagaimana caranya untuk memajukan perkembangan bidang pertanian, sehingga mampu memenuhi segala kebutuhan primer masyarakatnya. Peluang usaha pertanian itu sendiri terbilang sangat banyak, tinggal bagaimana anda yang menekuninya. Melihat potensi pertanian di Indonesia yang besar namun hal tersebut berbanding jauh dengan melihat kondisi petani Indonesia yang kesejahteraan hidupnya rendah atau dengan kata lain miskin. Kondisi ini sangat memprihatinkan karena dengan sumberdaya alam yang tersedia sangat melimpah namun orang-orangnya masih belum bisa memberdayakannya.

Peluang usaha pertanian bukan hanya bisa dilakukan di lahan yg luas tetapi bisa juga dilakukan pada lahan yang sempit. Lahan sempit bukan menjadi halangan untuk berbisnis. Bertani merupakan kegiatan yang begitu penting, karena dari sinilah kebutuhan pokok kita akan dapat terpenuhi. Meskipun peluang usaha pertanian terbilang luas dan menjanjikan namun hanya sebagian orang saja yang berminat. Cobalah untuk berfikir kreatif yang mampu mengubah lahan yang sempit menjadi sebuah peluang usaha yang baik. Peluang usaha pertanian ini masih sangat terbuka lebar, karena apabila manusia masih membutuhkan kebutuhan pokok untuk makan maka peluang usaha ini akan tetap terus berjalan. Permasalahan yang ada di Indonesia yang berkaitan dengan pertanian yaitu lahan nya yang semakin berkurang. Akan tetapi hal seperti ini jangan menjadi hambatan untuk berusaha.

Anda tetap masih bisa untuk mencoba peluang usaha pertanian lahan sempit. Untuk komoditasnya juga tergolong banyak seperti tomat, cabai dan juga bawang. Komoditas tersebut bisa ditanam dengan lahan sempit, anda bisa membuat inovasi media tanam yang bertingkat atau dapat juga menggunakan polibag yang dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak perlu menggunakan lahan yang sangat luas. Ketiga jenis komoditas tersebut mempunyai umur panen yang singkat. Atau anda bisa juga menanam tanaman obat dengan media yang tak harus menggunakan tanah. Karena dalam pertanian media tanam banyak macamnya seperti bertanam dengan cara hidroponik yang dapat menghemat lahan dalam budidayanya.

Leave a Reply