Resep Pepes Ikan Mas dengan Bumbu Kuning

pepes-ikan-mas

Siapa yang tak kenal dengan pepes? Pastinya Anda sudah sering mendengar nama masakan ini bukan? Atau malah Anda sangat suka makan dengan pepes? Ya, pepes memang merupakan masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Barat yang umumnya menggunakan bahan utama berupa ikan yang diberi bumbu-bumbu kemudian dibungkus menggunakan daun pisang lalu dikukus maupun dibakar. Ikan yang biasanya digunakan dalam masakan pepes ini berupa ikan mas yang durinya cukup banyak. Pepes ikan mas harus diolah dengan cara yang baik supaya menghasilkan cita rasa pepes yang sangat lezat dan mudah untuk disantap. Salah satu tips untuk melunakkan duri ikan mas yang cukup banyak tersebut ialah mengolahnya menggunakan presto terlebih dahulu baru setelah itu diberi bumbu.

Ada banyak alasan mengapa orang senang dengan pepes ikan mas ini, salah satunya adalah terdapat banyak kandungan gizi seperti omega 3 yang ternyata baik untuk kesehatan. Namun sayangnya tak banyak orang yang senang memasak pepes ikan tersebut karena cenderung ribet dan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Terlebih pada saat proses membungkusnya yang harus benar supaya bumbu pepes tidak keluar dari bungkus daun pisang ini. Dibutuhkan ikan mas segar dan bekualitas baik seperti tidak bau lumpur ataupun bau anyir sehingga kelezatannya tidak berkurang pada saat disantap nantinya. Selain itu, bumbu yang digunakan pun harus pas supaya dapat meresap sampai ke daging ikan mas dan bukan hanya di bagian luarnya saja.

Ada banyak jenis bumbu yang digunakan dalam pembuatan pepes ikan mas salah satunya adalah bumbu kuning yang terdiri dari kunyit, cabai, kemiri, jahe, bawang putih, dan bawang merah serta bisa ditambahkan tomat segar dan sedikit terasi. Supaya lebih nikmat setelah matang dikukus, pepes ikan ini dibakar sebentar menggunakan oven maupun secara langsung supaya lebih lezat dan aromanya keluar. Bila Anda ingin makan pepes ikan yang lezat, halal, dan bercita rasa tinggi cobalah pepes ikan Ibu Tatty. Pepes ikan tersebut diolah dengan bumbu khusus dan menggunakan resep turun temurun sehingga wajib Anda cicipi.

Leave a Reply