Kuta Bali, Dulu dan Kini

kuta-bali

Sebuah desa sunyi dengan pantai yang indah, Namun itu dulu, Kuta kini menjadi salah satu tempat tersibuk di Bali. Pantai Kuta menjadi saat ini menjadi destinasi wajib bagi banyak wisatawan yang mengunjungi Bali. Terutama bagi mereka para surfer yang ingin menjajal ombak dengan papan surfing mereka. Kuta tidak hanya memiliki pantai sebagai pesona, namun juga hal menarik lain sebagai kota urban. Membicarakan Kuta berarti membicarakan beragam manusia dari beragam negara. Anda bisa menjumpai seorang gadis kulit putih dengan mini dress, topi bundar besar, atau seorang pria berkulit coklat dengan baju pantai, atau para surfer memanggul papan surfing mereka. Mereka berbeda warna kulit, berbeda bangsa dan bahasa, namun satu yang sama dari semuanya yaitu mereka ingin menikmati Kuta. Memilih Kuta sebagai tempat berlibur memang tepat. Kuta memiliki semua yang dibutuhkan untuk pergi liburan. Suasana pantai yang memesona di pagi hari, temaram di malan hari. Selain itu, sepanjang jalan Kuta hingga Legian, wisatawan dapat menemukan restoran, tempat berbelanja, yang dapat menyempurnakan momen liburan. Kuta bali menjadi sangat hidup kini.

Popularitas Kuta bali di kalangan wisatawan baik domestik maunpun internasional meningkat dengan cepat. Sejalan dengan menanjaknya popularitas, pertumbuhan infrastruktur juga terjadi. Salah satu yang paling mencolok adalah akomodasi. Sekitar tahun 1960-an hanya ada satu hotel di Kuta yaitu the Kuta Beach Hotel. Namun sekarang hotel bisa ditemukan di seluruh area Kuta. Tidak hanya hotel tapi akomodasi lain seperti motel, homestay, menjamur di Kuta. Perkembangan pariwisata di Kuta berakibat pada berkembangnya ekonomi setempat. Seperti efek domino, bisnis lain mulai tumbuh pesat di kawasan ini. Bisnis seperti restaurant, clothing, tour travel, jasa transportasi, tumbuh pesat menjadi penyokong bidang pariwisata di Kuta. Hal ini menjadikan Kuta makin semarak di mata wisatawan. Kuta menjadi lengkap menyajikan seluruh kebutuhan wisata.

Kuta bali menjadi destinasi favorit wisatawan internasional maupun domestik juga karena kawasan ini menyajikan kebutuhan akomodasi, transportasi serta hiburan yang ramah backpacker. Tidak semua tempat makan, hotel, dan belanja di Kuta mahal atau bertarif koper. Kuta mengakomodir wisatawan yang ingin berlibur dengan budget eksklusif sekaligus juga menyediakan kebutuhan bagi wisatawan yang berlibur dengan budget backpacker. Budget bukanlah masalah besar, karena seluruh wisatawan tetap dapat menikmati pesona alam Kuta.

Leave a Reply