Tips Memilih Pompa Air yang Tepat

tips-memilih-pompa-air-yang-tepat

Pompa air saat ini sudah menjadi kebutuhan utama dalam setiap rumah tangga. Dengan adanya pompa air, seluruh kegiatan rumah tangga seperti mandi, mencuci, dan menyiram tanaman menjadi lebih mudah. Sebenarnya, memilih pompa air tidak terlalu sulit, asalkan Anda memperhatikan spesifikasi pompa dengan teliti dan tidak tergiur dengan harga yang murah saja. Agar tidak salah pilih, kunjungilah beberapa tempat jual pompa air sebelum memutuskan membeli pompa air. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar dapat memilih pompa air yang tepat:

  1. Pastikan sumber air terlebih dahulu

Pertama-tama, Anda perlu memperhatikan sumber airnya terlebih dahulu. Apakah air yang ingin dialirkan berasal dari sumur bor, sumur gali, penampungan air, atau dari sumber lainnya. Asal sumber air ini nantinya akan memberikan pengaruh kepada jenis dan spesifikasi yang akan dibeli nantinya di toko-toko yang menjual pompa air.

  1. Ketahui jarak permukaan air dengan pompa

Untuk mengetahuinya, Anda bisa menanyakan kepada tukang sumur yang berpengalaman atau gantungkan paku pada seutas tali sampai menyentuh permukaan air. Ukur berapa panjang tali tersebut sampai atas dengan bagian benang yang basah adalah batas bawahnya.

Jangan lupa perkirakan juga musim kemarau dan musim hujan dengan tepat. Dimana pada musim kemarau, air akan menyusut dan membuat jarak cukup jauh dengan pompa. Sebaliknya, pada musim hujan, permukaan air akan cepat naik dan bisa mengakibatkan pompa terendam.

  1. Perhatikan spesifikasi pompa

Ketika memilih di toko pompa air, perhatikan spesifikasi pompa yang Anda inginkan. Pilih pompa yang memiliki daya hisap lebih tinggi dari permukaan air. Sebagai contoh, jika permukaan air tidak lebih dari 7 meter, gunakan pompa dengan daya hisap hingga 9 meter yaitu pompa sumur dangkal.

  1. Lihatlah daya listriknya

Jika ingin hemat, pilih pompa air dengan daya listrik lebih rendah. Hal ini disebabkan daya listrik lebih tinggi pada pompa tidak mempengaruhi daya hisap pompa tersebut. Jadi untuk lebih ekonomis, pilihlah yang berdaya listrik rendah.

  1. Perhatikan kualitas dan harga

Sebenarnya kualitas pompa air ditentukan oleh bahan yang digunakan. Pilih pompa yang terbuat dari bahan tahan karat agar lebih awet misalnya bahan stainless steel. Semakin berkualitas, maka harga pompa pun semakin tinggi. Jangan lupa sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki dengan harga jual pompa air yang ingin dibeli.

  1. Perhatikan masa garansi

Sebelum memutuskan membelinya di toko pompa air, usahakan untuk selalu memperhatikan masa garansi. Pompa yang bergaransi menunjukkan bahwa pabrik bertanggung jawab dan barang tersebut berkualitas baik.

Nah, itulah beberapa tips dalam memilih pompa air yang tepat. Jika ingin membeli pompa air untuk kebutuhan sehari-hari, Anda dapat membelinya di tempat jual pompa air di sekitar rumah Anda. Jangan lupa untuk melakukan survey ke beberapa tempat terlebih dahuhu agar bisa mendapatkan harga jual pompa air yang paling sesuai. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply