Dampak Negatif Pada Fisik Akibat Download Game PC

dampak-negatif-pada-fisik-akibat-download-game-pcDownload game PC memang menyenangkan dan bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang. Namun, akan berbeda ceritanya apabila kita terlalu sering memainkan game online ini sehingga lupa waktu. Tidak hanya sosialisasi di dunia nyata yang terlupakan, namun sejumlah masalah fisik juga bisa terjadi. Banyak dari game PC yang mengharuskan pemainnya untuk berkonsentrasi pada waktu yang cukup lama di depan komputer. Akibatnya, sejumlah masalah serta perubahan fisik dapat terjadi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. Pertama, stamina dapat menurun karena kurang berolahraga. Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer akan membuat seorang pemain yang sudah kecanduan tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga.

Dampak negatif terkait fisik akibat download game PC dan terlalu sering memainkannya hingga menjadi kecanduan adalah tulang belakang yang membungkuk. Hal ini karena seringnya duduk membungkuk pada saat bermain game. Bahkan, kerja jantung dapat berkurang apabila kita terlalu sering bermain hingga kurang tidur. Kekurangan tidur juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan daya tahan berkurang. Akibat lainnya adalah kita bisa menjadi gampang sakit dan terlihat lemas. Berat badan dapat menurun apabila kekurangan makan dan minum akibat terlalu fokus bermain game. Atau sebaliknya, berat badan justru bisa meningkat karena tidak ada aktivitas lain yang dapat mengeluarkan energi sementara kegiatan makan menjadi tidak teratur.

Dampak negatif lainnya yang bisa terjadi adalah mata menjadi rusak karena terpapar spektrum cahaya dari komputer dalam waktu yang lama. Radiasi layar komputer juga dapat merusak mata serta otak. Apalagi jika kita bermain dalam waktu lama tiap harinya. Masalah kesehatan lain yang mungkin terjadi adalah adanya repetitive strain injury. Dampak negatif ini terjadi karena terlalu lama menggunakan mouse dalam posisi yang salah.  Melihat banyaknya dampak negatif dari download game PC ini, bukan berarti kita tidak boleh bermain game sama sekali, namun batasilah waktu dalam bermain game agar tidak berlebihan atau sampai kecanduan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Leave a Reply