Mencicipi Makanan Khas sebagai Bagian dari Wisata Lombok

Mencicipi Makanan Khas sebagai Bagian dari Wisata LombokBerwisata ke suatu tempat tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Termasuk juga ketika mengunjungi wisata Lombok. Seperti daerah di Indonesia lainnya, Lombok juga mempunyai beberapa masakan khas yang tentunya tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi. Kuliner di Lombok terbuat dari bahan-bahan sekitar yang mudah didapatkan. Makanan-makan ini biasa diolah dan dikonsumsi masyarakat Lombok sebagai makanan sehari-hari maupun dibuat pada waktu-waktu tertentu untuk perayaan.

Makanan pertama yang sudah populer dari Lombok adalah plecing kangkung. Seperti namanya, plecing kangkung terbuat dari bahan dasar kangkung yang dipadukan dengan bumbu cabai rawit, garam, tomat dan yang tidak boleh ketinggalan adalah terasi. Plecing kangkung menjadi makanan sehari-hari masyarakat Lombok dan sekarang banyak dijual di rumah makan di Lombok. Makanan ini pun banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung. Menu lain yang tidak kalah terkenal dan enak adalah ayam taliwang. Ayam taliwang dibuat dari ayam muda yang diolah dengan cara digoreng, dibakar atau dipanggang. Semuanya sama-sama enak dan tentunya rasa pedas menjadi rasa khasnya. Inilah dua makanan wajib yang harus dicicipi untuk melengkapi kunjungan wisata Lombok.

Selanjutnya, selain dua menu diatas juga masih ada menu lain yang tidak kalah lezat dan patut dicoba. Antara lain adalah sate Bulayak khas Suku Sasak yang terbuat dari daging sapi dan dimakan dengan lontong yang terbungkus daun aren. Lalu ada juga sate Rembiga yang merupakan olahan khas Desa Rembiga. Sate ini juga terbuat dari daging sapi dengan rasa manis gurih dan pedas. Lalu ada makanan unik dari Lombok yaitu sayur ares. Ares merupakan pelepah atau bonggol pisang muda yang diolah dengan dijadikan sayur. Selain menjadi makanan sehari-hari, sajian ini juga biasa terdapat dalam perayaan pernikahan suku asli lombok, yaitu Suku Sasak. Kemudian ada juga poteng jaje tujak dan iwel yang menjadi sajian khas lebaran warga Lombok. Inilah kuliner yang menambah keanekaragaman cita rasa wisata Lombok. Semua makanan ini wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke Lombok.

Leave a Reply