Metode Fisioterapi Dalam Dunia Medis

Metode Fisioterapi Dalam Dunia MedisApakah anda pernah mendengar istilah fisioterapi. Fisioterapi adalah sebuah terapi fisik yang diterapkan pada pasien dengan kasus tertentu. Biasanya fisioterapi dilakukan oleh seorang terapis profesional dan tentunya terlatih. Terapis profesional adalah seorang ahli medis yang sudah tersertifikasi untuk melakukan terapi pada pasien. Fisioterapi bisa dilakukan di rumah sakit, pada klinik atau apabila pada kasus khusus, bisa datang kerumah anda. Biasanya fisioterapi bisa dilakukan khusus oleh seorang dokter specialis fisioterapi. Dokter specialis fisioterapi dibantu oleh perawat fisioterapi. Fisioterapi mampu meminimalkan efek samping mengkonsumsi obat. Fungsi fisioterapi adalah untuk mengembalikan fungsi motorik gerak tubuh. Fisioterapi berfungsi melatih fungsi otot motorik tubuh.  Metode fisioterapi ada banyak. Berikut ulasan singkatnya.

Metode fisioterapi dalam dunia medis ada beberapa macam. Pertama, terapi latihan. Fungsi terapi ini adalah untuk memberikan penguatan sekaligus memelihara gerak agar kembali normal. Terapi ini berupa latihan-latihan kecil untuk memperkuat otot gerak agar kembali kuat. Latihan-latihan ini dimaksudkan untuk membuat pasien kembali bisa bergerak mandiri. Pada kasus pasien patah kaki, melakukan fisioterapi secara bertahap sampai pasien bisa menapak penuh. Latihannya berupa latihan menapak dan latihan berjalan. Pada pasien patah kaki, otot-otot sendinya menjadi kecil. Sehingga perlu latihan khusus untuk memperkuat otot agar kembali bisa melangkah. Kedua, terapi panas. Terapi ini menggunakan panas. Terapi ini digunakan pada jaringan kulit dan otot. Panas yang digunakan adalah radiasi infra red. Pemanasan ini disesuaikan dengan kondisi keluhan pasien. Dosis radiasi infra red disesuaikan dengan kondisi pasien. Sehingga terapi panas ini harus dengan pengawasan dokter specialis. Biasanya terapi panas ditetapkan bersama terapi lainnya. Penggunaan terapi panas bersamaan dengan terapi lain akan mempercepat penyembuhan. Kombinasi terapi akan membuat efek pengobatan lebih efektif.

Metode fisioterapi ketiga adalah terapi listrik. Terapi ini cocok untuk penderita kelemahan otot akibat patah tulang. Penggunaan aliran listrik pada otot fungsinya untuk mengatasi nyeri. Listrik yang digunakan adalah berkekuatan rendah. Terapi ini mampu merangsang regenerasi saraf. Pada terapi pernafasan pada anak, terapi ini bisa digunakan untuk pengobatan. Efek terapi listrik pada pasien pernafasan akan berefek pada sirkulasi darah yang lebih lancar. Aliran darah yang lancar akan membuat lancar lendir keluar dan memperlancar pernafasan. Demikian beberapa metode fisioterapi yang diterapkan oleh dunia medis. Masing-masing terapi memiliki penggunaan yang maksimal.

Leave a Reply