Timun Mas Cerita Legenda Rakyat Nusantara

Timun Mas Cerita Legenda Rakyat NusantaraCerita legenda Timun Mas merupakan sebuah cerita rakyat yang banyak diketahui oleh masyarakat luas. Cerita ini merupakan salah satu warisan berharga yang penting untuk diceritakan turun temurun. Bermula dari sepasang petani yang merindukan kehadiran seorang anak, cerita Timun Mas ini berasal. Pasangan suami istri yang merupakan petani pada suatu desa ini, selalu saja berdoa untuk mendapatkan seorang anak. Pada suatu hari lewat seorang raksasa yang mendengarkan doa mereka. Dia menawarkan biji mentimun yang akan memberikan mereka anak. Pasangan petani itupun setuju, akan tetapi raksasa mengajukan syarat kepada petani tersebut. Raksasa meminta anak tersebut dikembalikan saat usianya sudah sampai 17 tahun.

Biji ditanam dan tumbuhlah sebuah tanaman mentimun dengan buahnya yang sangat besar. Buah itu dibelah dan terlihat seorang bayi perempuan yang cantik. Petani tersebut memberi nama Timun Mas. Timun Mas tumbuh menjadi seorang gadis cantik yang kuat. Hingga usia ke 17 tahun, ibunya memberikan bekal yang akan digunakan untuk melawan raksasa. Raksasa datang untuk menagih janji. Ia mengejar Timun Mas agar segera mendapatkannya. Timun Mas berlari ke hutan. Ia membawa bekal yang diberikan ibunya. Dalam cerita legenda Timun Mas, ia membawa beberapa benda ajaib yang bisa menghalangi jalannya raksasa agar bisa menangkapnya. Timun Mas tidak berhenti untuk melawan raksasa itu.

Ada 3 macam benda yang diberikan ibunya kepadanya. Dia tidak takut menghadapi raksasa dan selalu mengingat pesan orang tuanya. Ia tahu bahwa nyawanya terancam. Jika ia ingin bersama kedua orang tuanya maka ia harus berhasil selamat dari kejaran raksasa. Setelah menempuh jarak yang jauh, Timun Mas telah menghabiskan 2 bekalnya yang merupakan jimat untuk melawan raksasa. Akan tetapi, raksasa berhasil melewati rintangan dari adanya jimat tersebut. Akhirnya Timun Mas menggunakan bekal terakhir. Ia melemparkan kea rah raksasa dan tiba-tiba menjadi danau yang menenggelamkan raksasa. Raksasa pun mati dan Timun Mas hidup bahagia bersama orang tuanya kembali. Demikian cerita legenda Timun Mas yang terkenal ini.

Leave a Reply