Manfaat Cuci Tangan Sebelum Makan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cuci Tangan Sebelum Makan untuk Kesehatan TubuhKegiatan mencuci tangan termasuk ke dalam salah satu kegiatan yang dianggap oleh sebagian besar orang sebagai kegiatan yang sepele sehingga banyak yang mengabaikannya. Sebenarnya kegiatan mencuci tangan merupakan suatu yang sangat ringan untuk dilakukan akan tetapi memiliki manfaat dan juga efek yang besar untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, mencuci tangan menggunakan sabun merupakan suatu tindakan sanitasi yang dilakukan untuk tujuan menghilangkan bakteri serta kuman yang menempel di tangan, jari, maupun kuku-kuku kita. Ada banyak manfaat cuci tangan sebelum makan yang sebaiknya dilakukan oleh semua orang. Tangan ini merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi agen utama masuknya kuman atau mikroba penyebab penyakit baik itu ke mulut, ke hidung, maupun ke anggota tubuh yang lain. Dapat melalui makanan dan minuman ataupun benda-benda yang telah menempel di tangan kita baik itu disengaja maupun tak disengaja.

Tangan kita ini ternyata juga menjadi sumber penyaluran kuman dari satu orang ke orang lainnya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mencuci tangan sebelum makan menggunakan air bersih dan sabun secara benar. Setelah melakukan berbagai macam kegiatan, tangan akan menjadi salah satu tempat berkumpulnya banyak bakteri, virus, maupun kuman yang bisa menjadi penyebab berbagai jenis penyakit dapat menyerang tubuh. Manfaat cuci tangan sebelum makan ini dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit seperti flu, hepatitis A dan C (gangguan hati), penyakit kulit, gangguan usus, diare, meningitis, dan lain sebagainya. Untuk itu, alangkah baiknya kita selalu mengingat untuk selalu cuci tangan setelah selesai melakukan ataupun menyentuh sesuatu. Jangan lupa senantiasa untuk menggunakan sabun karena jika hanya menggunakan air saja tidak akan cukup untuk membunuh kuman maupun bakteri yang ada di tangan.

Ada pun saat-saat lain yang tepat untuk mencuci tangan selain sebelum makan adalah sebelum dan sesudah memasak karena hal ini dapat mencegah dari terjadinya penyebaran bakteri yang bisa menjadikan makanan yang dimasak ini tidak sehat. Selain itu, sesudah buang air besar maupun air kecil kita juga harus mencuci tangan hingga bersih. Untuk anak-anak sebaiknya setelah bermain harus dibiasakan untuk mencuci tangan supaya terhindar dari kotoran yang ada di tanah ataupun lumpur. Nah, setelah kita mengetahui manfaat cuci tangan sebelum makan ini harapannya kita membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan kegiatan yang mudah tersebut.

Leave a Reply