Badan Penanaman Modal di Indonesia

Badan Penanaman Modal di Indonesia

Badan penanaman modal di Indonesia disebut dengan BKPM yang merupakan kepanjangan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal. Badan ini sudah diresmikan oleh pemerintah sejak 1973 yang mana pada saat itu yang menjadi pengurusnya adalah panitia penanaman modal yang sudah dibentuk sejak 1968. Hingga kini badan ini masih terus berjalan. Ketika Jokowi memimpin sebagai presiden RI, pemegang BKPM adalah Ir. Franky Sibarani. Pak Franky mulai memimpin atau dilantik sejak masanya presiden Jokowi. Badan penanaman modal ini ada untuk mengurusi bidang penanaman modal yang ada di Indonesia, baik yang berasal dari dalam negeri ataupun luar negeri. BKPM ini sejak tahun 2007 lalu sudah merumuskan undang-undang terkait penanaman modal. BKPM ini menyalurkan segala penanaman modal baik pemerintah atau swasta yang ada di Indonesia.

Badan Penanaman Modal atau disebut BKPM ini menghubungkan sejumlah instansi yang memiliki urusan terkait dengan penanaman modal. Baik pemerintah dengan swasta, pemerintah dengan bank, pemerintah dengan Bank Indonesia, pemerintah daerah dengan pemerintah pusat serta antar pemerintah daerah untuk urusan penanaman modal diurusi oleh BKPM. Selain itu badan penanaman modal ini juga mengawasi investor dalam menanamkan modalnya. Hal ini ditujukan agar tidak adanya kenaikan ekonomi di negara Indonesia. Jadi, bisa dikatakan bahwa BKPM ini merupakan badan yang mengatur regulasi penanaman modal di Indonesia pada segala urusan atau instansi dimulai dari pemerintah hingga swasta dan luar negeri.

Perekonomian memang menjadi salah satu poin terpenting dalam suatu negara karena maksmur tidaknya masuyarakat suatu negara dipengaruhi oleh faktor ekonomi yang ada di negara tersebut. Oleh karenanya sebisa mungkin pada berbagai bidang yang menyangkut keuangan atau ekonomi suatu negara di awasi sehingga menurunkan resiko inflasi di negara tersebut. BKPM ini selain mengatur penanaman modal di negeri sendiri juga tingkat luar negeri yang mana memang penanam modal tidak hanya berasal dari dalam negeri saja melainkan juga berasal dari luar negeri juga. Jika pun ada perjanjian luar negeri terkait penanaman modal di Indonesia maka akan ditangani juga oleh BKPM. Badan penanaman modal ini berurusan dengan semua jenis modal pada berbagai instansi di luar negeri juga yang masih berkaitan dengan negara yang diembannya. Seperti misalnya BKPM DI Indonesia yang menangani segala urusan penanaman modal luar negeri dengan negara Indonesia.

Leave a Reply