Mencegah dan Mengobati Biang Keringat pada Anak

Mencegah dan Mengobati Biang Keringat pada Anak

Biang keringat merupakan gangguan kesehatan kulit yang dapat diderita oleh siapa saja tetapi umumnya sering dialami oleh bayi dan anak-anak. Gangguan tersebut muncul terutama pada saat sedang musim kemarau. Jika sudah muncul biang keringat pada bayi maupun anak maka sebaiknya harus segera diobati dengan benar dan cara yang tepat. Ternyata biang keringat pada anak tersebut cukup membahayakan untuk kesehatan kulit jika dibiarkan begitu saja. Biang keringat ini paling sering muncul di area kepala, leher, maupun wajah. Biang keringat jika tidak diobati dengan baik maka dapat menimbulkan iritasi di kulit dan bahkan dapat menyebabkan infeksi sehingga menimbulkan rasa yang tak nyaman.

Untuk mengatasi biang keringat pada anak dengan aman dan benar ini ada baiknya untuk memperhatikan jenis biang keringatnya. Sebab, tak semua jenis bintik-bintik yang muncul karena pori-pori kulit yang tersumbat ini berbahaya atau dengan kata lain dapat sembuh dengan sendirinya jika dibiarkan begitu saja. Pastinya masalah tersebut cukup mengganggu dan ada baiknya langsung diatasi tanpa ditunda-tunda. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya biang keringat pada bayi dan juga anak-anak yang mudah untuk dilakukan. Caranya antara lain sebagai berikut:

  1. Memilih pakaian yang dengan mudah menyerap keringat dan terasa dingin saat dikenakan seperti dari bahan katun.
  2. Jika tubuh anak sudah basah karena keringat maka langsung saja menggantinya dengan pakaian lain.
  3. Hindari lah menggunakan pakaian dari bahan wol karena bahan tersebut memiliki kemampuan menyerap keringat yang tak banyak sehingga kerap menimbulkan rasa gatal di area kulit anak-anak yang tergolong sensitif.
  4. Apabila anak mengeluarkan keringat secara berlebih maka usahakan memandikannya terutama di siang hari ataupun saat menjelang tidur dengan menggunakan air hangat.

Jika anak Anda sudah terlanjur terkena biang keringat maka tak perlu khawatir karena ada cara mengatasinya yang cukup ampuh. Jika biang keringat pada anak tersebut memberikan rasa yang perih maka dapat memberikan lotion khusus untuk biang keringat khususnya yang mengandung zat calamine. Selain itu, jangan memberikan bedak yang terlalu tebal di sekitar kulit kepala yang sedang basah karena hal ini akan membentuk adonan yang menyumbat pori-pori dan itulah yang menjadi salah satu faktor terjadinya biang keringat. Untuk mengobati biang keringat ini dapat menggunakan bahan alami seperti lidah buaya yang akan memberikan rasa dingin di kulit.

Leave a Reply